Saturday, May 26, 2007

CACA EMANG DOYAN MAEM

Banyak temen mama caca yang heran. Bagaimana caranya agar batitanya gemar maem. Mama caca sendiri awalnya juga heran, kenapa batita teman-teman mama caca pada ogah maem? Konon berbagai trik telah dilakukan oleh ibu-ibu itu agar batitanya mau maem. Dari mulai memasak makanan kesukaan si baby sampai memberi vitamin ini-itu.

Sejauh ini, tiap kali ditanya tentang si caca yang endut (gak seperti mamanya yang sama sekali gak endut. Hehe..) dan suka maem, mama caca cuma menjawab dengan jawaban standar aja. Tapi sebenarnya mama caca sempet berucap banyak alasan dalam hati, kenapa batita dilingkungan mama caca pada ogah maem.

Menurut catatan mama caca, ada beberapa sebab kenapa batita ogah maem.
Pertama karena udah kadung terbiasa jajan dengan pemanis buatan atau makanan dengan kadar penyedap rasa yang bejibun. So, jangan heran kalo akhirnya batita lebih memilih jajanan yang gak sehat daripada makanan yang bergizi.

Untuk alasan yang kedua mungkin masih perlu lebih banyak pembuktian. Mama caca sendiri baru melihat pengalaman caca sebagai pengalaman pertama.

Jadi, dulu sewaktu caca lahir melalui operasi caesar, caca gak langsung dimandiin layaknya baby-baby tetangga di indonesia. Tapi cukup dibersihkan dan diperiksa seadanya. Tiga jam setelah itu, caca langsung diberikan pada mama caca buat dikasih asi. Menurut sang dokter, baby yang baru lahir tidak seharusnya dimandikan dan mencium aroma sabun sebelum mencium aroma tubuh mamanya. Masih menurut sang dokter, baby yang mencium aroma sabun terlebih dahulu sebelum mencium aroma tubuh ibunya akan mengalami penurunan selera makan hingga 75%.

Wow, 75% kan gak sedikit. Namun langkah pertama ini (mengenalkan aroma tubuh ibunya) harus diikuti dengan pemberian asi eklusif tentunya. Tapi itu teori yang disampaikan sang dokter. Selebihnya mama caca hanya mengamininya setelah melihat perkembangan caca. tapi lagi-lagi catatan tersebut Cuma berani mama caca catet di blog ini. Pasalnya, jika disampaikan pada ibu-ibu di lingkungan mama caca, takut dituduh Cuma sok tahu. Wong punya anak masih satu aja kok belagu!!.
Hik, emang mama caca sok tahu kok!!

1 comment:

ameera said...

wow, baru tau lho mama caca alasan kenapa bayi2 lahir di sini ga langsung dimandiin. dulu juga ameera mandinya baru hari ketiga, aku sih ga terlalu pusing masalah mandi cuma heran aja dan aku ga sempet nanya (udah heboh sama pose menyusui yg cocok :p).... aku juga melahirkan caesar, biarpun tdk bius total aku lama di ruang pemulihan. baru sekitar 2 jam kemudian ameera bisa menyusui pertama...

aku juga setuju bgt dg teori anak kebanyakan jajan jadi ga doyan makan, wong aku sampe syok waktu di indo denge cerita keponakan dari pihak suamiku umur 5 bulan dah dikasih soto & bakso!

-ameera's mum-