Tuesday, September 25, 2012

KIKA BELUM JADI PUNYA ADEK (lagi)



Kulihat wajah sedih Kika, gadis kecilku yang kini berusia 4,5 tahun itu setiap kali melihat teman sebayanya bercerita tentang adek bayinya. “ibu, aku sudah mau dipanggil kakak Kika, tiap habis sholat maghrib aku juga selalu berdoa, biar lekas diberi adek.” Bibir kecil itu berceloteh sembali merajuk.

Kika memang sudah dua kali “hampir” punya adek. Sayangnya, dua calon adek ini mesti diambil sebelum waktunya. Akhir 2011 silam, aku memang sempat mengandung, namun janin yang baru berusia dua bulan itu, ternyata tidak bisa berkembang sehingga harus dikeluarkan paksa alias dikuret.

Awal september ini, peristiwa hampir serupa terulang lagi. Bedanya, kali ini janin itu berkembang di luar rahim. Usianya masih dua minggu. Namun rasa sakitnya hampir sama dengan sakit kontraksi pra-melahirkan. Untungnya, kehamilan di luar kandungan ini segera terdeteksi, sehingga operasi yang dilakukan hanya fokus untuk membersihkan janin yang berkembang tidak pada tempatnya itu. Deteksi dini itu juga membuat operasi tidak sampai mengharuskan rahimku diangkat.

Meski ada rasa sedih dan khawatir, namun tetap terselip syukur bahwa proses operasi dimudahkan oleh Yang Maha Kuasa. Semoga kami sekeluarga dapat mengambil hikmah dari setiap kejadian dan senantiasa memenuhi hati dengan harapan dan kasih sayang dari Yang Maha dari Segala Maha. Amin.

No comments: