Saturday, August 25, 2007

BULAN SYA’BAN, AKHIR TAHUN AJARAN NIH....

Jika kita tengok penanggalan Hijriyyah, hari ini adalah minggu kedua bulan Sya’ban. Dalam kalender akademik di lingkungan mama caca, saat inilah akhir tahun ajaran. Itu artinya liburan sejenak untuk menyongsong Ramadlan yang full activity.

Setelah disibukkan dengan lomba-lomba memperingati hari kemerdekaan RI yang tahun ini hampir bersamaan dengan peringati Isri’ Mi’roj Nabi Muhammad SAW, para siswa mulai khusuk mempersiapkan ujian akhir tahun. Kalo pada musim lomba kemarin lingkungan mama caca terlihat selalu ramai dan ceria. Terhitung sejak seminggu kemarin terasa sepi. Semua pada sibuk memindahkan seluruh isi buku ke kepala mereka dalam waktu semlam. Ah, dari masa ke masa, yang namanya siswa ternyata sama saja. Jika ujian datang, mereka paling gemar ngelakoni sistem kejar semalam. Padahal beribu malam dilewati. “Enakan juga nonton sinetron Cinta Fitri.” Begitu pikirnya. Kik... kik... Sama aja...

Seperti yang pernah mama caca ceritain. Di lingkungan mama caca, kalender akademik memakai sistem penanggalan Hijriyyah. Tidak seperti Masehi yang memakai matahari sebagai patokan, Hijriyyah memakai penanggalan bulan. Tahun ajaran baru dimulai pada minggu kedua bulan Syawal. Biasanya sepuluh hari setelah lebaran para siswa mulai masuk sekolah. Sedangkan pada bulan Sya’ban, mereka mengikuti ujian akhir semester untuk kemudian menikmati masa liburan panjang pada akhir Sya’ban hingga nanti sehabis lebaran. Tapi liburan panjang bukan berarti mati kegiatan. Hanya perpindahan aktivitas aja sebenarnya. Ramadlan justru jadi saat-saat yang mengasyikkan dengan aktivitas bejibun yang lain dari hari-hari biasa.

Hari ini hari terkhir para siswa mengikuti ujian. Wajah mereka kelihatan lebih ceria dibanding tujuh hari yang lalu. Liburan sepertinya udah terbayang dibenak mereka. Sebelum mereka pulang ke kampung halamannya masing-masing, masih ada satu aktivitas lagi yang mesti mereka lakoni. Acara perpisahan dan pelepasan kakak-kakak mereka yang sudah mengakhiri masa pendidikannya tahun ini.

Rencananya liburan kali ini abah caca mo ngajakin jalan-jalan ke Jakarta. Liburan sekaligus mulai nyicil buat persiapan lebaran dan berobat. Cuma lima hari aja sih mungkin. Tapi lumayan juga buat ngelemesin pikiran.

3 comments:

isma said...

mumpung belum ramadhan, liburan dulu... kalo ramadhan kan ada pesantren kilat iya to?

eh bisa kopdar tuh sm yunes, kasihan dia, sendirian :D

bundazka said...

asyikk...yg mo jalan2..refreshing ya mam..:)

keep smile said...

Heleh guaya istilahe KOPDARAN hehehe, masak refresingnya cuman ke tempat mangkalnya Yunes, kapan ke tempatku??